Friday, November 30, 2018

Setiap Rasa Selalu di Mulai Pagi Hari


Tahukah anda? Bahwa setiap rasa hari selalu dimulai dari pagi.  Maksud saya, rasa apa yang akan berlangsung seharian dalam hidup kita akan dimulai sejak pagi.  Ketika pagi hari begitu terbangun, kita  sudah tersenyum, maka Insya Allah suasana hari itu akan menjadi positif.  Dan percayalah kita akan menemukan hal-hal yang positif pula. Tetapi jika kita memulai pagi hari dengan murung, sakit atau kemarahan, maka biasanya kita akan menemukan hal-hal yang negatif/kesulitan.  
Tidak berlaku pasti tetapi itulah yang biasanya terjadi. Hal ini berdasarkan pengalaman yang saya temui selama ini.   Oleh karena itu, saya ingin berbagi berdasarkan pengalaman pribadi. Bagaimana memulai hari dengan positif. Setidaknya untuk pengingat kembali buat saya sendiri, syukur-syukur bisa bermanfaat bagi yang lain.
Hal yang pertama kali sebaiknya kita lakukan ketika terbangun dari tidur di pagi hari adalah mengucapkan kata syukur.  Hindari bangun dengan terburu-buru, biarkan tubuh, pikiran dan jiwa kita beradaptasi dahulu dengan suasana pagi.  
Bagi seorang muslim bisa memulai dengan doa bangun tidur yang indah.  Doa yang  dimulai dengan kata "Alhamdulillah". Kata ini memiliki arti "Aku bersyukur kepada Allah SWT". 
Setelah sholat subuh, banyak hal yang bisa kita lakukan.  Sebaiknya setelah mengaji, kita menyempatkan   waktu untuk diri sendiri. Waktu yang digunakan untuk berkata pada diri, semacam self hypnotis. Self hypnotis yaitu memasukkan dan mengulang kata-kata positif  untuk diri sendiri. 
 Contoh kalimatnya misalnya;
"Ya Allah, saya bersyukur atas hidup dan nafas yang Kau berikan hari ini, oleh karena itu mulai sekarang dan seterusnya saya akan lebih banyak tersenyum. Saya lebih ikhlas dalam menghadapi hidup. Saya lebih sehat dan......."
Kalimat-kalimat positif yang lain dapat anda buat sendiri sesuai dengan kebutuhan anda.  Bisa juga anda memasukkan kalimat positif ini selagi bermeditasi. Sambil mengatur dan menikmati aliran udara yang masuk ke dalam paru-paru.  Ada bermacam-macam metode meditasi, biasanya saya bermeditasi dengan metode Zhen Qi.  Jika anda tidak mengerti metode meditasi cukuplah dengan duduk diam dan bernafas. Nikmati pernafasan dengan rileks .
Waktu untuk me time di pagi hari ini tidak usah terlalu lama cukuplah 10 hingga 20 menit. Menyuntikkan kata-kata positif pada diri kita.  Biasanya jika sedang dalam masalah berat saya mengingat-ngingat 10 hal positif/anugerah yang Allah berikan kepada saya.  Percaya atau tidak ini sangat membantu untuk membangun rasa positif bagi mood dan semangat saya untuk memulai hari.
Hal terakhir yang saya lakukan sebelum bangkit dari duduk me time.Saya biasanya mengucapkan doa pendek seperti;
"Ya Allah berikan aku kemudahan untuk hari ini. Berikan rasa syukur untuk setiap detik yang berjalan di hari ini.  Berikanlah aku kekuatan untuk merubah sesuatu menjadi kebaikan. Yang Maha Pengasih berikan pula aku keluasan dan keikhlasan hati untuk menerima, jika aku tak sanggup merubah atau memperbaikinya."
Ternyata kebiasaan-kebiasaan seperti ini sangat membantu saya untuk menjalani hari. Apalagi saat menghadapi hari-hari berat dan atau diterjang masalah sana sini.  Untuk itulah saya selalu berkata kepada anak-anak dan orang-orang di sekitar saya.  Biasakan memulai hari secara positif dengan senyum. Karena dengan tersenyum, kamu juga akan membawa aura gembira bagi hari yang seharian akan membawamu bersamanya.
Karawang, 30 November 2018
Tjitjih Mulianingsih WS

0 comments:

Post a Comment