Wednesday, September 16, 2020

 


Perawatan Saluran Pembuangan Air di Rumah


Tjitjih Mulianingsih, S.Hut, S.Pd



Saluran pembuangan air di rumah, merupakan bagian penting yang harus ada di rumah.  Keberadaannya menjadikan salah satu faktor yang menentukan kenyamanan/kelayakan huni suatu rumah.  Oleh karena itu saluran pembuangan air yang lancar dan bersih menjadi syarat mutlak bagi suatu rumah.

Saluran pembuangan air yang tidak lancar akan membuat lingkungan rumah tidak nyaman, lembab, berbau dan tentu saja menjadi sumber penyakit.  Saluran pembuangan air di rumah biasanya berada di bak cuci piring ataupun kamar mandi. Saluran ini mengalirkan semua air yang telah digunakan (baik air cucian piring, cucian baju, ataupun air bekas mandi) keluar rumah sehingga menjaga rumah dari  genangan air.

Saluran pembuangan air di rumah sangat rentan mampat oleh benda-benda kecil seperti sisa-sisa makanan dan rambut. Jika terjadi mampat maka tentu saja akan sangat merepotkan, oleh karenanya menjadi sangat penting untuk merawat saluran pembuangan air di rumah dengan cara-cara sebagai berikut:

1.  Tidak membuang sampah ke saluran air

 Pastikan membuang dulu sisa-sisa makanan pada piring dan gelas kotor ke tempat sampah sebelum     dicuci di bak cuci piring.  Kita juga bisa menambahkan saluran penyaring tambahan di saluran pembuangan air kamar mandi untuk menahan rambut rontok masuk ke dalam saluran pembuangan air.

2. Bersihkan saluran pembuangan air di rumah secara rutin.

Walaupun sudah diberi penyaring tambahan di saluran pembuangannya tetapi tetap saja selalu ada benda-benda kecil yang menumpuk di bagian ini.  Hal ini jika dibiarkan akan menumpuk dan menjadikan saluran air mampat sehingga membersihkan saluran air di rumah secara rutin menjadi wajib dilakukan agar saluran pembuangan air tidak mampat.

3.  Menggunakan pipa saluran air yang tepat.

 Pipa untuk saluran air adalah pipa berdiameter besar, sekitar 4 inci atau sekitar 10 cm.  Pipa yang kecil lebih rentan tersumbat. Sebaiknya memilih dari bahan resin murni yang tidak mengkilap. Pipa yang tidak mengkilap lebih tahan dan tidak mudah pecah.  Pilih bagian dalam pipa dengan permukaan dalam yang halus dan licin agar tidak mudah ditempeli kotoran.  


4.  Perhatikan Bentuk Sistem  Saluran Pembuangan Air Yang Tepat.

Sistem pembuangan air yang tidak tepat dapat mengakibatkan seringnya saluran air mampat.  Pilihlah sistem saluran air yang tidak banyak belokan.  Semakin banyak belokan maka akan semakin mudah tersumbat.  Umumnya bentuk sistem saluran air di rumah berbentuk Y dengan kemiringan 45 derajat.Sistem ini akan memudahkan kotoran dan air keluar.  Semakin miring semakin baik.

Jika memungkinkan sistem saluran pembuangan air yang lurus akan lebih baik karena air akan mengalir tanpa hambatan.


5.  Gunakan Bahan-Bahan di Rumah untuk Membersihkan Saluran Air.

Untuk membersihkan saluran air kita dapat menggunakan bahan-bahan makanan di rumah.  Bahan-bahan ini selain aman digunakan juga mudah didapat.  

Bahan-bahan makanan yang biasa digunakan untuk membersihkan saluran air adalah

1.  Cuka dan garam.  Caranya campurkan kedua bahan tersebut tuang ke dalam saluran pembuangan air dan bilaslah dengan air panas/mendidih.

2.  Cuka, garam dan soda kue, caranya hampir sama dengan cara pertama hanya ditambahkan soda kue.

3.  Garam, caranya tuang garam kedalam saluran pembuangan air dan bilaslah dengan air mendidih, hanya saja cara ini harus dilakukan berkali-kali agar efektif.


Setelah melakukan perawatan saluran pembuangan air di rumah, tentu saja kita juga harus melakukan perawatan saluran pembuangan air di lingkungan kita yaitu

1.  Tidak membuang sampah ke saluran air

2.  Melakukan pembersihan secara rutin pada saluran pembuangan air di depan rumah.

3.  Melakukan kerja bakti secara rutin bersama warga masyarakat lingkungan  sekitar untuk membersihkan saluran air.


Dengan melihat cara merawat saluran pembuangan saluran air di atas, cukup mudah bukan, bahkan kamupun bisa melakukannya.



Karawang, 15 September 2020



Kerjakan tes pada link ini ya

http://gg.gg/TESPerawatansaluranair9





0 comments:

Post a Comment