Monday, October 12, 2020

Pohon, Perdu dan Semak

 

                                           





POHON, PERDU DAN SEMAK


Pohon, Perdu dan Semak, begitulah judul tulisan di atas. Tahukah kamu apa bedanya?.  Banyak sekali diantara kita yang masih salah menyebutkan tanaman misalnya kita menyebut "Pohon Pacar Air" atau " Pohon Kangkung" atau " Pohon Sirih".  Ketika kita menyebutkan hal seperti di atas, sebenarnya kita sudah melakukan kekeliruan.  Nah untuk memperbaiki kekeliruan itu, marilah kita bersama-sama mengenal perbedaannya.  Perbedaan antara Pohon, Semak atau Perdu.

A. Pohon


Pohon adalah Pohon adalah jenis tumbuhan tinggi yang memiliki batang yang tersusun dari kayu yang mengeras. Pohon memiliki batang utama yang menopang dahan dan ranting beserta daun-daun yang tumbuh padanya. Pohon umumnya memiliki daun berwarna hijau berfungsi sebagai media fotosintesis atau tempat untuk memasak makanannya (nutrisinya) sendiri.

Pohon memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut

1. Memiliki tinggi lebih dari 1,5 m dan jika sudah dewasa bisa memiliki tinggi puluhan            meter dari permukaan tanah. Batangnya memiliki jaringan Kayu dan membentuk cincin 
    Cincin kayu.
2. Memiliki Kambium dan melakukan proses fotosintesis pada daunnya
    
3. Pada umumnya memiliki cabang dan ranting, kecuali untuk jenis seperti pohon palem,         dan kelapa.

Contoh pohon adalah Kelapa, Kamboja, Beringin, Mangga dan lain-lainnya.

B.  Semak




Semak adalah jenis tumbuhan kedua yang akan kita bahas.  Semak adalah jenis tumbuhan berumpun dengan batang pendek dan tinggi kurang lebih hingga 1,5 m. Tanaman semak umumnya kecil-kecil, umur biasanya hanya semusim (berumur pendek), tidak memiliki cabang banyak, bagian yang berkayu hanya batang utama saja. 
Contoh semak adalah  Miana, Portulaka, Asoka, Puring, Pacar air, Soka  dan lain-lain.

C.  Perdu



Perdu adalah jenis tumbuhan berkelompok yang tumbuh dengan ketinggian di bawah 6 m. Ciri-ciri dari tanaman perdu biasanya kecil, rendah, meskipun batangnya panjang. Perdu adalah tumbuhan berumur panjang yang berkayu, bercabang banyak tapi batang utamanya kurang jelas.  Contoh tanaman perdu adalah  Kemuning, Phylodendron,Rembosa,Kembang Sepatu, Monstera, 

Nah, sekarang jelas bedanya kan ya? jadi jika kalian bertemu tumbuhan, kalian sudah bisa membedakan apakah itu termasuk pohon, perdu atau semak.  Caranya dengan mengingat kembali ciri-ciri di atas.  Selamat mengamati.



Karawang, 13 Oktober
 
Dirangkum dari berbagai sumber

Tjitjih Mulianingsih, S.Hut,  S.Pd



     


0 comments:

Post a Comment