Sunday, October 18, 2020

Makanlah Hingga Habis

 

Add caption
      


 MAKANLAH HINGGA HABIS




Makan adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan Gizi dan energi.  Rata-rata kita orang Indonesia makan 3 kali sehari.  Pada umumnya kita melakukan makan pagi pada pukul 06.00-08.00, makan siang pukul 12.00-13.00 dan makan malam pukul 19.00-20.00.  Kegiatan makan ini dapat dilakukan dimana saja di rumah, sekolah atau tempat lain.  Menu makannya pun bisa bermacam-macam, tetapi tahukah kalian memakan makanan hingga habis adalah salah satu sikap hidup sederhana yang peduli lingkungan?

Mungkin sebagian diantara kalian bertanya-tanya apa hubungannya antara memakan habis makanan prilaku sederhana yang peduli lingkungan.  Sebenarnya hubungannya erat sekali dan inilah alasan-alasan mengapa mengapa menghabiskan makanan membuat kita menjadi termasuk orang yang pedulil lingkungan.  
  1.  Makanan yang tidak habis akan dibuang ke tempat sampah dan menjadi percuma, apalagi jika kita tidak terbiasa melakukan proses lebih lanjut penanganan sampah. 
  2. Makanan sisa yang tidak habis dan dibuang akan menimbulkan bau busuk dan pemandangan tidak  nyaman.
  3. Menyisakan makanan atau tidak menghabiskan makanan itu artinya kita sudah membuang sumber daya alam, karena makanan kita berasal dari sumber daya alam bukan?
  4. Menyisakan makanan berarti kita tidak menghargai makanan itu sendiri, tidak menghargai proses  pembuatan dan proses panjang bagaiamana sampai bisa terhidang di depanmu.
  5. Menyisakan makanan atau tidak menghabiskan makanan itu membuatmu menjadi salah satu  penyebab global warming.  Mengapa? karena dalam proses pembuatan makanan itu ada produksi       karbondioksida yang dikeluarkan ke udara dan menjadi sumber pemanasan global.
  6.  Menyisakan makanan atau membuang makanan itu berarti kita sudah melakukan pemborosan,    melakukan sikap tidak hemat.  Tidak hemat berarti kita tidak melakukan sikap hidup sederhana dan        ini artinya kita juga tidak peduli lingkungan.
  7. Tidak menghabiskan makanan itu membuat kita menjadikan orang yang tidak bersyukur mengapa?        karena di berbagai tempat di dunia masih banyak orang yang kelaparan atau kesulitan mendapatkan     makanan.

Nah, dengan melihat alasan-alasan diatas maka jelaslah mengapa kita harus menghabiskan makanan yang sudah tersedia untuk kita.  Menghabiskan makanan juga berarti membuat kita menjadi pribadi yang memiliki karakter bersyukur atas karunia yang diberikan Allah kepada kita, menjadi pribadi yang menerapkan sikap hidup hemat dan sederhana sekaligus menjadikan kita menjadi manusia yang peduli lingkungan.

Jadi bagi kalian yang suka makan sekaligus ingin menjadi peduli lingkungan, maka habiskanlah makanan setiap kali kalian makan.
Selamat makan.



Karawang, 18 Oktober 2020

Tjitjih Mulianingsih S.Hut, S.Pd



TUGAS












27 comments:

  1. Nama : Clara dewi Susanti
    Kelas: 5A
    No.Absen:06

    ReplyDelete
  2. nama : aulia rakhmat A
    KELAS ; 5A

    ReplyDelete
  3. Nama Shabrina Natha Naida
    Kelas 5A
    No absen 31

    ReplyDelete
  4. Saskia nur bara putri
    5A
    No Absen 27

    ReplyDelete
  5. Nama:muhammad akhdan azizan
    Kelas:5b

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum hasabi rasyid VB 09

    ReplyDelete
  7. Dafcoriza Muhaimina Dyah
    Kelas 5b
    Absen 4

    ReplyDelete
  8. Nama: Kayla Izati Haryana
    Kelas:5B

    ReplyDelete
  9. Nama:Habibi Ammar Ibrahim
    Kelas:5A
    Absen: 11

    ReplyDelete
  10. Nama:aulia salsabila
    Kelas:5A
    Absen:03

    ReplyDelete
  11. Nama : Danesh Andiena A
    Kelas : 5A
    Absen : 07

    ReplyDelete
  12. Nama : Thara Nailah Amelia
    Kelas : 5B
    Absen : 31

    ReplyDelete
  13. Abdillah hafiz syafiq nugroho
    5a
    0q

    ReplyDelete
  14. Nama: Hana Nurul khairunisa
    Kelas:5A

    ReplyDelete
  15. Nama : Early Adelia Khairani
    Kelas : 5B
    No. Absen : 07

    ReplyDelete
  16. Nama : Azka Tsurayya Audina
    Kelas: 5A
    Absen: 5

    ReplyDelete