Sunday, February 28, 2021

Daur Ulang

 



DAUR ULANG SAMPAH


Daur ulang adalah salah satu cara untuk mengurangi sampah yang kita produksi.  Daur ulang sampah merupakan kegiatan pemanfaatan kembali barang bekas pakai agar dapat digunakan kembali.  Digunakan kembali dalam bentuk yang berbeda.

Daur ulang memiliki manfaat seperti 

  • Mengurangi menumpuknya sampah
  • Menghemat penggunaan sumber daya alam
  •  Menghemat biaya
  • Melatih kreativitas
  • Menumbuhkan rasa percaya diri karena mampu membuat barang-barang sendiri
  • Dapat mengisi waktu luang
  • Melatih jiwa wira usaha




Benda-benda  kerajinan yang dapat dibuat dari barang bekas adalah
  • Limbah atau sisa-sia potongan kayu bisa dijadikan pot tanaman.
  • Plastik-plastik bekas kemasan sabun cuci
  • Lembaran kertas bekas majalah, buku atau brosur
  • Bekas kardus yang tidak terpakai
  • Stick bekas es krim
  • Dan lain-lain
Benda-benda bekas tersebut dapat dibuat menjadi celengan, bingkai foto, tempat pensil, wadah mainan bahkan bisa menjadi mainanmu.




Bagaimana? banyak sekali manfaat melakukan daur ulang bukan?  Apakah kalian sudah pernah mencoba?
Bagi yang sudah mencoba silahkan menuliskan di kolom komentar ya.




Karawang, 1 Maret 2021

ditulis untuk materi PLH 

Tjitjih Mulianingsih, S.Hut, S.Pd

54 comments:

  1. Nama : indra jatmiko
    Kelas: 5B
    No absen : 12

    ReplyDelete
  2. Assalammualaikum
    Nama:muhamaad akhdan azizan
    Kelas:5b
    No:20

    ReplyDelete
  3. Nama : Dirham Putra Batavi Juniar
    Kelas : 5B
    No.Absen : 06

    ReplyDelete
  4. Sering motor/orang orangan menggunakn kardus(Hasabi)

    ReplyDelete
  5. Nama : Thara Nailah Amelia
    Kelas : 5B
    Absen : 31

    ReplyDelete
  6. Sudah pernah membuat pot bunga dan celengan dari botol bekas (Thara Nailah-5B)

    ReplyDelete
  7. Nama: Zahra Raissa Haziq
    Kelas: 5B
    Absen: 33

    ReplyDelete
  8. Sudah pernah membuat pot tanaman dan celengan dari botol bekas (Zahra Raissa Haziq 5B)

    ReplyDelete
  9. Nama: Iffat Abiyyushaki
    Kelas:5B
    Absen:10

    ReplyDelete
  10. Sudah pernah membuat celengan boneka dan rak peralatan ATK dari botol bekas air minum. (Almira Azzahra P.S, kelas 5B)

    ReplyDelete
  11. Nama: Ananda Reynata Indrianti
    Kelas:5B
    Absen:02
    Sudah pernah membuat calengan dari kaleng dan tas dari baju yang sudah tidak di pakai

    ReplyDelete
  12. Nama : Nida'an Khafiyya
    Kelas : 5B
    Absen : 25

    ReplyDelete
  13. Sudah pernah membuat pot bunga dari barang bekas

    ReplyDelete
  14. Sudah pernah membuat pot bunga dari barang bekas

    ReplyDelete
  15. Nama:Early Adelia Khairani
    Kelas:5B
    Absen:07
    Sudah pernah membuat Pot bunga dari barang bekas

    ReplyDelete
  16. Nama: queena Jessica lingga
    Kelas:5b
    Saya sudah pernah membuat pot bunga dari barang bekas

    ReplyDelete
  17. Nama : Muhammad Farras Zuhdy
    Kelas : 6 B
    saya pernah membuat tempat pensil dari botol bekas

    ReplyDelete
  18. Nama;ganesha navis al fachrie
    Kls;6b
    Sy Pernah membuat mainan truk dari kardus 😑😑

    ReplyDelete
  19. Nama;ganesha navis al fachrie
    Kls;6b
    Sy Pernah membuat mainan truk dari kardus 😑😑

    ReplyDelete
  20. Nama: Althafunnisah N. A.
    Kelas: 6B

    Saya pernah membuat tas dari baju bekas, membuat tempat pensil dari botol bekas

    ReplyDelete
  21. Nama:zaskia yunatria
    Kelas:6b
    Saya sudah pernah membuat tas dari baju yang sudah tidak terpakai

    ReplyDelete
  22. Nama : Radithya Aidan Nugroho
    Kelas : 6B
    Saya sudah pernah membuat tas dari baju bekas 🥴🤙

    ReplyDelete
  23. Nama:Raif Fathan a.
    klas:6b
    Saya pernah membuat tempat untuk menyimpan pensil dari botol bekas








    a

    a

    a

    a
    a



    a


    a

    a

    a


    a

    a


    a

    a

    a

    ReplyDelete
  24. Nama: fattan Alfareza
    Kelas: 6A
    Saya sudah pernah membuat tas dari baju yang sudah tidak terpakai untuk berbelanja di minimarker

    ReplyDelete
  25. Nama : Alfathir Amin Alamsyah
    Kelas : 6A
    Saya sudah pernah membuat celemek dr baju yang tidak terpakai lagi.

    ReplyDelete
  26. Assalamuaalaikum
    Nama izza aishya zahra rasidah rasidah
    Kelas 5a

    ReplyDelete
  27. Nama : Alfathir Amin Alamsyah
    Kelas : 6A
    Saya sudah pernah membuat celemek dr baju yang tidak terpakai lagi.
    Membuat tas dari baju bekas.

    ReplyDelete
  28. Nama:Fakhri niko saputra
    kelas:6B
    saya sudh pernah membuat tas dr baju tidak terpakai
    berkayu²

    ReplyDelete
  29. Nama:Rafasya Atharayan Firmansyah
    Kelas:5A

    ReplyDelete
  30. Nama :Evan Alviano Rahmadika
    Kelas :6A
    Saya sudah pernah membuat tempat pensil dan celengan dari botol bekas dan juga membuat tas dari baju bekas.

    ReplyDelete
  31. Nama : Danesh andiena audrey
    Kelas: 5A

    ReplyDelete
  32. Nama:M.daffi.alghivari
    Kelas:6B
    Saya sudah pernah membuat tempat pensil dari botol bekas.

    ReplyDelete
  33. Nama : Aulia Rakhmat A
    Kelas : 5 A
    Saya pernah membuat celengan dari botol

    ReplyDelete
  34. Nama:GHINA Z.Q.
    KELAS:5A
    ABSEN:09

    ReplyDelete
  35. Nama : Hafidz Nohan Isas
    Kls : 5A
    Absen : 12

    ReplyDelete
  36. Nama : Radiazka Nendie Putra
    Kelas : 6B
    Absen : 31
    Saya pernah membuat celengan dari box eskrim, pernah membuat tempat pensil dari botol

    ReplyDelete
  37. Nama: Habibi Ammar Ibrahim
    Kelas: 5A
    No Absen: 10
    sudah pernah membuat celengan dari toples bekas sosis. membuat pot bunga dari botol bekas air mineral

    ReplyDelete
  38. Nama:Hana Nurul khairunisa
    Kelas:5A
    Absen:14
    Saya pernah membuat celengan dari botol mineral

    ReplyDelete
  39. Dafcoriza Muhaimina Dyah
    5B
    ABSEN 4
    Saya pernah membuat celengan dan pot dari botol plastik

    ReplyDelete
  40. Zidni niswatal malihah
    5A
    Absen 34
    Saya pernah membuat celengan dan pot dari botol plastik

    ReplyDelete
  41. Nora Humanisa Musthawafie kelas 5a

    ReplyDelete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. Nama:Banyu Bening Arifin
    Kelas:6A
    Absen:11

    ReplyDelete
  44. Nama:Hilmi Zaki R
    Kelas:6A
    Absen:17
    Saya sudah pernah, membuat tas dari baju bekas, dan tempat pensil dari botol bekas.

    ReplyDelete
  45. Nama : Clara Dewi Susanti
    Kelas : 5A
    No.Absen :06
    Saya pernah membuat tempat pensil dari botol bekas,saya pernah membuat tas dari kaos bekas,dan saya pernah membuat pot bunga dari botol bekas

    ReplyDelete
  46. Nama : Clara Dewi Susanti
    Kelas : 5A
    No.Absen :06
    Saya pernah membuat tempat pensil dari botol bekas,saya pernah membuat tas dari kaos bekas,dan saya pernah membuat pot bunga dari botol bekas

    ReplyDelete
  47. Nama : Aurelia Callysta Aline Wijaya
    Kls : 6A
    Saya pernah buat tempat pensil dari botol bekas

    ReplyDelete
  48. Nama:Bimo Rizky P
    Kls:6B
    Absen:7
    Saya pernah buat tempat pinsil dari botol bekas.

    ReplyDelete
  49. Nama : Faiz Ramadhani
    Kelas :5A
    Absen :8

    ReplyDelete
  50. Nama: Alvina Chalista Dewi
    Kelas: 6B
    Absen: 04

    Saya sudah pernanah membuat tas dari baju yang sudah tidak di pakai,sudah pernah membuat pot bunga dari botol bekas,pernah membuat tempat pensil dari botol bekas. 😁😁😁

    ReplyDelete
  51. Nama: Hanasa Athaillah Tsabitha
    Kelas:6B
    Absen:18

    ReplyDelete
  52. Nama: Hanasa Athaillah Tsabitha
    Kelas:6B
    Absen:18

    ReplyDelete