Monday, October 26, 2020

Pencemaran Lingkungan

 



PENCEMARAN LINGKUNGAN 

(materi 1)

Pencemaran lingkungan adalah suatu kondisi ketika keadaan lingkungan tidak seimbang.  Ketidakseimbangan lingkungan ini dapat menyebabkan banyak hal yang merugikan kita.  Menyebabkan kematian dan bahkan bisa memicu kepunahan makhluk hidup.

Pencemaran lingkungan ini dapat disebabkan oleh aktivitas manusia dan akibat alam.

A. Pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan manusia diantaranya

1. Aktivitas Pertanian

   Kegiatan pertanian dapat menyebabkan kerusakan lingkungan diantaranya penggunaan pupuk yang berlebihan, penggunaan insektisida, fungisida dan desinfektan.  Penggunaan azt-zat kimia ini bisa menimbulkan kematian makhluk lain, menyebabkan masuknya zat-zat kimia beracun ke dalam tanah dan dapat meracuni air.



Penyemprotan dengan menggunakan Insektisida, Fungisida dan Pestisida 

Penggunaan insektisida yang pada awalnya digunakan untuk membasmi serangga (insek) yang mengganggu ternyata selain membunuh serangga yang mengganggu juga membunuh serangga lain yang bermanfaat seperti kepik dan lebah serta dekomposer lain yang sebenarnya berguna untuk proses pembusukan.  Penyemprotan ini juga dapat mengakibatkan pencemaran udara dan jika mengendap dapat menyebabkan pencemaran tanah dan air. 

Pemupukan Yang berlebihan


Kegiatan Pemupukan yang berlebihan dan tidak efisien dapat menyebabkan pencemaran tanah dan air, terlebih lagi jika yang digunakan adalah pupuk kimia seperti ureaPencemaran air terjadi misalnya pada penggunaan pupuk urea. Penggunaan Urea yang berlebihan menyebabkan nitrifikasi dan penyuburan lingkungan perairan. Dampaknya, pertumbuhan dan populasi eceng gondok dan gulma air lainnya menjadi membeludak seperti yang terjadi di Waduk Rawa Pening, Danau Kerinci, dan Bendungan Batu Tegi. Pertumbuhan gulma air dalam jumlah besar selain dapat mempersulit aksesibilitas transportasi air, dekomposisi biomassa gulma yang berjalan lebih banyak juga meningkatkan laju pendangkalan perairan.


Pertumbuhan eceng gondok akibat penggunaan pupuk yang berlebihan



2.  Aktivitas Industri dan Pertambangan

Kegiatan industri dan pertambangan dapat menyebabkan pencemaran jika tidak diolah dengan benar. Kegiatan industri dan pertambangan dapat menyebabkan pencemaran karena menghasilkan limbah, asap pabrik, zat radio aktif.  Sedangkan kegiatan pertambangan jika tidak dilakukan dengan hati-hati dapat menyebabkan kerusakan lingkungan seperti contohnya lubang-lubang besar bekass penambangan batu bara, sungai yang keruh dan rusak akibat pendulangan emas.  

Asap Pabrik kegiatan Industri




Lubang-lubang bekas pertambangan




Kerusakan Lingkungan akibat pertambangan adalah sebagai berikut

1  Perubahan Bentang alam
2. Menyebabkan kekeringan lahan pertanian
3.  Erosi
4.  Pencemaran terhadap aliran sungai
5.  Struktur tanah menjadi labil
6.  Berkurangnya areal resapan air
7.  Berkurangnya populasi dan satwa endemik
8.  Menghasilkan limbah beracun
9.  Menyisakan lahan kritis



Karawang, 27 Oktober 2020

Tjitjih Mulianingsih, S.Hut, S.Pd





0 comments:

Post a Comment