Monday, November 16, 2020

5 R Untuk Penanggulangan Pencemaran Lingkungan

 





5 R (RECYCLE, REUSE DAN REDUCE, REPLACE & REPLANT )UNTUK MENANGGULANGI PENCEMARAN


Recycle, Reuse dan Reduce merupakan salah satu tindakan untuk menanggulangi pencemaran.  Program 3 R ini sudah mulai wajib kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari.  Apakah 3 R itu?

3 R adalah program yang terdiri dari kegiatan Recycle (mendaur ulang), Reuse (Menggunakan kembali) serta Reduce (Mengurangi pemakaian) dalam pemanfaatan sumber daya alam pada kehidupan kita.

  • Recycle adalah kegiatan mendaur ulang kembali sampah/benda yang tadinya tidak berguna menjadi berguna.  pada prosesnya daur ulang ini membuat  benda bisa  menjadi memiliki fungsi yang sama atau  daripada sebelumnya sebagai contoh botol plastik menjadi pot.

  • Reuse adalah suatu kegiatan   menggunakan kembali  benda yang sudah dipakai /sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Singkatnya Reuse adalah pemakaian kembali sebagai contoh memberikan baju-baju adik bayi yang kekecilan kepada anak-anak yatim di panti asuhan, menggunakan sisi kertas yang masih kosong untuk menulis, menggunakan wadah plastik bekas membeli makanan menjadi wadah kancing dan lain-lain sebagainya.






  • Reduce adalah kegiatan kita mengurangi pemakaian benda-benda yang merusak lingkungan.  Reduce juga berarti mengurangi belanja benda-benda yang tidak terlalu dibutuhkan seperti baju baru, aksesoris tambahan apapun itu yang memiliki arti mengurangi kebutuhan.  Contoh lain reduce adalah memakai tas sekolah hingga benar-benar rusak, sepatu hingga sempit, tempat pensil hingga rusak atau menjaga dengan baik peralatan tulis sekolah agar awet dan tahan lama pemakaiannya.  Reduce mengajarkan kita untuk hidup hemat sekaligus peduli lingkungan

  • Replace artinya suatu kegiatan menggantikan pemakaian suatu barang dengan barang lain dengan yang lebih ramah lingkungan dan dapat di daur ulang.  Upaya ini dapat mengurangi kecepatan  produksi sampah.  Contohnya adalah membawa kantong belanja sendiri ketika ke mini market atau ke pasar, membawa bekal makanan sendiri di kotak makanan yang disediakan mama dan bisa dipakai berulang, menghindari menggunakan stearofom, memilih bersepeda ke sekolah jika dekat lokasinya dan masih banyak hal-hal lain yang dapat di kategorikan sebagai kegiatan Replace.


  • Replant memiliki arti kegiatan menanam kembali, bisa berarti reboisasi jika dilahan khusus seperti bekas hutan yang terbakar atau lahan kosong. Replant bisa juga memiliki arti melakukan penghijauan dan kegiatan penghijauan dalam skala kecil yaitu menanam kembali tanaman di halaman/teras rumah.  Kita dapat menanam di pot atau di tanah halaman.  Karena dengan melakukan Replant ini kita berarti sudah membantu menurunkan suhu bumi, meningkatkan produksi oksigen, mengurangi pencemaran udara karena tanaman mengisap karbondioksida, membuat lingkungan menjadi sejuk dan nyaman.



Dengan melihat kegiatan 5R di atas banyak hal sebenarnya yang sudah atau biasa kalian lakukan di rumah, seperti membawa bekal makanan minuman ke sekolah.   Tindakan-tindakan ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan agar bumi menjadi lebih nyaman.  Lingkungan sekitar kita menjadi lebih nyaman.  Nah,  dari Kegiatan 5R itu kegiatan mana saja yang sudah kalian lakukan?



Karawang, 17 November 2020

Tjitjih Mulianingsih, S. Hut, S.Pd

11 comments: