Sunday, November 15, 2020

Anak-Anak dan Tindakan Ramah Lingkungan

 



ANAK-ANAK DAN TINDAKAN RAMAH LINGKUNGAN



Tindakan ramah lingkungan adalah segala tindakan yang dalam pelaksanaannya memperhatikan aspek lingkungan.  Ini berarti setiap tindakan atau sikap yang dilakukan diusahakan menambah kerusakan yang paling sedikit bagi lingkungan, bahkan kalau bisa kerusakan yang ditimbulkannya tidak ada.

Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa sudah seharusnya membiasakan dan dibiasakan untuk melakukan tindakan-tindakan sehari-hari yang ramah lingkungan.  Tindakan-tindakan kecil bahkan mungkin remeh temeh tetapi jika dibiasakan dan sudah menjadi kebiasaan akan berdampak besar bagi lingkungan,bagi Negara Indonesia .

Pencemaran yang terjadi di dunia dan di Indonesia semakin banyak, semakin terlihat dampak kerusakan dan kerugiannya bagi manusia. Tindakan-tindakan ramah lingkungan yang dilakukan oleh anak-anak sudah pasti nantinya akan membantu mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Banyak sekali tindakan-tindakan ramah lingkungan yang dapat dilakukan oleh anak-anak.  Tindakan-tindakan itu dapat berupa:





  • Membawa bekal makanan dan minuman sendiri ke sekolah.  Tahukah kamu? sebagian besar jajanan anak-anak di kemas dalam plastik atau penutup makanan yang tidak dapat di uraikan oleh alam.  Membawa wadah minuman sendiri berarti kita sudah mengurangi penggunaan botol plastik air mineral.

  • Membuang sampah pada tempatnya.  Mungkin ini adalah level terendah dari peduli lingkungan, tetapi pengaruhnya besar sekali.  Dan sebagian anak-anak belum terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya.  Bekas-bekas jajanan dan kotak bekas makan bekal pada saat istirahat yang dibiarkan begitu saja di teras depan kelas adalah salah satu contoh bahwa memang kebiasaan membuang sampah pada tempatnya belum menjadi suatu keharusan tindakan pribadi yang harus dilakukan.  Sampah yang berserakan membuat pemandangan menjadi tidak nyaman dan dapat menimbulkan penyakit.


  •  Mulai membiasakan diri memilah sampah, ini artinya anak-anak sudah mulai membiaskan diri pada saat membuang sampah sudah melakukan pemilahan, sesuai dengan jenis sampahnya.


  • Mulai membiasakan diri belanja dengan membawa kantong belanja sendiri.  Anak-anak adalah salah satu konsumen yang sering belanja, baik di mini market, warung, mall ataupun pasar tradisional.  Dengan membiaskan diri membawa kantung belanja sendiri, tidak menggunakan plastik, anak-anak sudah melakukan tindakan ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan plastik.


  • Menanam pohon  Pohon adalah makhluk hidup yang menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida dan menurunkan suhu.  Dengan menanam pohon dan merawat tumbuhan anak-anak sudah melakukan tindakan mengurangi dampak dari Global warming dan pencemaran udara.


  • Menggunakan air pada saat mandi secukupnya atau tidak membuang-buang air pada saat mandi.  Anak-anak biasanya sering bermain air dan ini dilakukan pada saat mandi.  Dengan membiasakan diri menggunakan air secukupnya pada saat mandi berarti anak-anak sudah membiasakan diri melakukan tindakan penghematan sumbe daya air. Menghemat sumber daya air adalah salah satu tindakan ramah lingkungan.


  • Habiskan air minummu, jika kamu mengambil air minum maka cobalah ambil secukupnya jangan biarkan bersisa atau terbuang. Anak-anak mulai dibiasakan dan membiasakan diri jika mengambil minum di gelas dengan ukuran secukupnya agar tidak terbuang, karena tidak semua anak-anak dapat beruntung untuk dapat minum air putih dengan bebas dan sepuasnya.  Jangan lupa air putih bening dan layak diminum adalah sumber daya alam, tidak membuang-buangnya dengan percuma adalah sikap peduli lingkungan.
Demikianlah tindakan-tindakan peduli lingkungan yang dapat dilakukan oleh anak-anak.  Tentu saja ini merupakan sebagian kecil dari sejumlah besar tindakan ramah lingkungan yang dapat dilakukan oleh anak-anak, yang terpenting adalah memulai sesegera mungkin.  
Jadi tindakan ramah lingkungan mana yang sudah biasa kamu lakukan?


Karawang, 16 November 2020

Tjitjih Mulianingsih, S.Hut. S.Pd




13 comments: